Ragam Hias Aceh Dataran Tinggi (Kerawang Gayo & Mesikhat Alas)

 


Judul: Ragam Hias Aceh Dataran Tinggi (Kerawang Gayo & Mesikhat Alas)

Penulis: Ansar Salihin, S.Sn.,M.Sn, Saniman Andi Kafri, S.Sn.,M.Sn

Tebal hlm: 166 hlm

Ukuran Buku : 14,5 cm x 20 cm

ISBN: 978-623-88208-3-2

QRCBN: 62-1753-7270-161

Harga: Rp. 80.000

Informasi pemesanan: 081360051030 / thegayo_institut@yahoo.co.id

Akses Link: http://www.penerbittgi.com/2022/12/ragam-hias-aceh-dataran-tinggi-kerawang.html


Deskripsi Buku

Kerawang Gayo dan Mesikhat Alas merupakan identitas masyarakat berupa motif ragam hias yang diterapkan pada bangunan, pakaian dan benda lainnya. Ragam hias tersebut merupakan representatif kehidupan masyarakat Gayo dan Alas. Dalam buku ini membahas ragam hias ukiran yang terdapat pada arsitektur rumah adat dan ragam hias pada pakaian adat Gayo dan Alas.

Kerawang merupakan hiasan berupa motif-motif atau ragam hias yang ditempatkan pada suatu benda seperti rumah adat Gayo berupa ukiran, kemudian pada pakaian adat berupa sulaman dan bordiran. Fungsi utamanya adalah sebagai hiasan, setelah melalui proses ker dan rawang (daya pikir dan imajinasi) motif-motif tersebut malahirkan suatu makna filosofi berkaitan dengan kehidupan masyarakat.

Mesikhat berasal dari bahasa Alas, yakni tesikhat yang berarti mengaplikasikan motif hias yang ada pada pikiran ke dalam media kayu atau kain, dan mengaplikasikannya kepada benda atau objek. Mesikhat ini secara spontan diaplikasikan sesuai dengan pola yang ada pada pikiran tanpa menggunakan gambar sketsa.


Komentar